Mengapresiasi Program Vaksin Dosis Ketiga Gratis Tangkal Omicron

Oleh : Irvan Kurniawan )*

Pemerintah telah mulai melaksanakan program vaksin dosis ketiga gratis bagi masyarakat. Pemberian suntikan ketiga dimaksudkan agar imunitas tubuh jadi lebih kuat khususnya dalam menghadapi virus Corona varian Omicron.

Sudahkah Anda divaksin? Jika jawabannya iya, maka siap-siap saja disuntik untuk yang ketiga kalinya. Vaksin booster ini akan diberikan tahun 2022 dan digratiskan, khususnya bagi pemegang KIS (kartu Indonesia sehat) dan BPJS. Nanti akan ada gilirannya dan untuk awal tahun ini yang akan disuntik adalah lansia terlebih dahulu, karena di usia tua mereka relatif lebih memiliki ketahanan tubuh yang kuat dibandingkan dengan yang muda-muda.

Lantas untuk apa suntik vaksin Corona sampai 3 kali? Hasil riset dari perusahaan Pfizer menyatakan bahwa vaksin sebanyak 3 kali akan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19 varian Omicron. Dalam artian, ketika seseorang sudah disuntik booster maka ia tak perlu khawatir terhadap ganasnya Omicron, karena imunitas tubuhnya makin kuat.

Vaksin amat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan pemberian booster akan makin menyempurnakan perlindungannya. Penyebabnya karena karakteristik Omicron yang berbeda jauh dengan Corona varian delta atau yang lainnya. Penderita Corona varian Omicron tidak merasa anosmia (kehilangan fungsi indra penciuman) sehingga sering OTG tak tahu bahwa ia sakit, sehingga bisa menularkannya tanpa sengaja.

Omicron menular 70 kali lebih cepat sehingga penyebarannya harus dihentikan segera dengan vaksin dosis ketiga. Jika tidak maka ditakutkan ada serangan Corona gelombang ketiga yang diprediksi 2 bulan lagi. Padahal hal ini berbahaya karena bisa menyebabkan PPKM mikro lagi dan jatuhnya perekonomian Indonesia, padahal kita baru saja bangkit pada tahun 2021 lalu.

Pemerintah ngebut agar vaksin booster segera diberi pada januari ini sehingga bisa mencegah terjadinya serangan Covid gelombang ketiga. Untuk mengetahui jadwalnya maka periksa aplikasi Peduli Lindungi dan ketika hari-H segera datang ke lokasi untuk disuntik. anda akan mendapat injeksi vaksin dan masih digratiskan, karena Presiden Jokowi ingin agar semua WNI sehat dan bebas Corona.

Sementara itu, jika jadwal tidak segera datang, maka langsung saja pergi ke lokasi vaksinasi booster dengan membawa KTP dan surat vaksin (yang berupa lembaran, bukan hasil scan aplikasi). Nantinya petugas akan memberikan injeksi, dengan catatan jika stok vaksin masih mencukupi. Jadi catat jadwal vaksinasi booster terdekat di daerah Anda agar nanti mendapatkan injeksi gratis.

Kecekatan dan ketegasan pemerintah patut diapresiasi karena langsung memberikan vaksin dosis ketiga pada rakyatnya, dan memang kecepatan adalah kuncinya, agar Corona khususnya varian Omicron tidak segera meluas. Setelah ada vaksinasi booster diharap kasus bisa berkurang drastis, dan saat ini menurut data tim satgas penanganan Covid, sudah ada lebih dari 200 orang yang kena Omicron.

Akan tetapi kita patut untuk mengingat bahwa vaksinasi sampai 3 kali juga harus diiringi dengan kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes). Taati prokes 10M dan jangan lepas masker saat berada di luar rumah, bahkan kita disarankan untuk memakai masker ganda. Patuhi juga poin lain dalam protokol kesehatan agar tetap bugar dan tidak kena Corona.

Saat pemerintah memutuskan untuk memberikan vaksin Corona dosis ketiga dan masih digratiskan, maka patut diberi apresiasi. Penyebabnya karena pemerintah sigap dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap rakyatnya dan kita semua dijaga agar tidak kena Corona. Patuhi alur untuk mendapatkan vaksin booster dan tetap jaga protokol kesehatan.

)* Penulis adalah kontributor Lingkar Pers dan Mahasiswa Cikini