Antusiasme Warga Ikuti Senam Pagi di Posko BIN

0 0
Read Time:1 Minute, 54 Second

Cianjur — Genap dua pekan sudah warga penyintas gempa bertahan di Posko Bantuan Kemanusiaan Badan Intelijen Negara (BIN), Cugenang, Cianjur. Untuk mengisi waktu luang, menjaga kesehatan, sekaligus mengurangi rasa trauma yang dialami warga di Posko BIN diadakan acara senam pagi, Minggu (4/3/2022).

Kegiatan ini hasil kerjasama BIN dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Senam yang tidak hanya diikuti para warga penyintas gempa ini juga diikuti seluruh personel yang berada di Posko BIN demi mencapai kesehatan yang paripurna.

“Adanya kegiatan ini kami berharap warga dapat mencapai kesehatan yang Paripurna, dalam artian segala bentuk asupan dari kesehatan gizi, kesehatan lingkungan, sarana air bersih, sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) yang memadai, juga harus didukung kesehatan pribadi masing-masing”, terang Perwakilan Dinkes Kabupaten Cianjur, Abrisyam Maliq (42).

Germas dilakukan dengan mengadakan aktivitas fisik, karena dengan bergerak dapat membangun tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat serta gembira. Terbukti antusiasme masyarakat juga sangat tinggi, dari 257 warga penyintas yang ada di Posko BIN semua ikut berjoged ria bersama musik dan instruktur yang datang dari Komunitas Jantung Sehat.

“Antusiasme senam pagi sangat tinggi, semua keluar dari tenda dan ikut senam pagi bersama. Kami juga memberikan Jargon untuk Posko BIN ini yaitu berkah, sehat, dan juga sejahtera,” pungkas Abrisam. Sementara, Ida Farida (44) yang menjadi instruktur mengaku turut berbahagia melihat para warga penyintas gempa juga terhibur sekaligus agar hidup sehat.

“Saya dihubungi oleh Dinkes untuk memberikan terapi trauma bagi para warga terdampak gempa, karena membantu warga tidak harus berupa materi. Dengan adanya kegiatan ini saya bisa menghibur warga dan mendorong mereka untuk hidup sehat,” ucap Ida.

Selain mengikuti senam, para warga juga dihebohkan dengan pembagian doorprize yang membuat masyarakat semakin antusias. Warga Desa Cijedil, Cugenang, Devi Eliana Kusmiyati (36) menyatakan rasa terimakasihnya yang luar biasa kepada seluruh personel BIN atas pengabdian, fasilitas, bantuan, dan hiburan yang selama ini disediakan.

“Setelah gempa 2 minggu lalu, saya dan keluarga berlindung di Posko ini. Kami bersyukur karena mungkin hanya disini kami para pengungsi bisa dapat fasilitas yang sangat memadai, makanan bergizi yang mencukupi, berbagai pelayanan dan hiburan juga disediakan disini”, jelas wanita paruh baya ini.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya merasa sangat bahagia karena dapat bergerak, badan juga lebih sehat. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di Posko BIN ini” tutup Devi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %