DOB Papua Wujudkan Pembangunan dan Kesejahteraan Merata

0 0
Read Time:2 Minute, 58 Second

impresionis.com – Tanah Papua kini telah memiliki empat Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya. Pemekaran wilayah tersebut patut mendapat apresiasi karena bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Wilayah Papua yang luas dengan medan yang sulit dijangkau, tentu saja diperlukan pemekaran berupa pembentukan DOB demi meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua.

Adapun tujuan dari pemekaran provinsi di Papua, termuat dalam pasal 93 Peraturan Pemerintah Nomor 106 Tahun 2021 tentang Kewenangan dan Kelembagaan Pelaksanaan Kebijakan Otonomi Khusus Provinsi Papua. Peraturan tersebut menyebutkan pemekaran untuk mempercepat pemerataan pembangunan, peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, serta harkat dan martabat orang asli Papua (OAP).

Realisasi DOB di Papua dapat menjadi upaya terbaik dalam menghadirkan percepatan pembangunan dan pemerataan sebagai hak yang harus dan wajib diterima oleh warga Papua yang menjadi bagian dari NKRI.

Dengan adanya DOB tentu saja hal ini akan memberikan kesempatan-kesempatan baru bagi Putra Daerah untuk semakin mengembangkan potensinya. Terlebih, pemekaran ini mengandung tujuan pembagian tugas Pemerintahan Daerah yang semakin spesifik dan menjangkau lebih fokus pada wilayah-wilayah dan masyarakat daerah yang lebih detail.

Dengan Pulau yang lebih luas dari Pulau Jawa, sudah sewajarnya Papua dimekarkan menjadi beberapa provinsi demi percepatan pembangunan yang akan berdampak peningkatan kesejahteraan masyarkat Papua. Dengan adanya pemekaran daerah otonomi baru ini diharapkan Papua menjadi semakin maju dan perkembangannya merata di setiap lini sehingga masyarakatnya dapat ikut maju.

Kesejahteraan rakyat adalah hal yang patut untuk diupayakan. Kesejahteraan menjadi penting karena hal tersebut menyangkut kehidupan masyarakat, sehingga pemerintah terus merumuskan serta mengimplementasikan upaya terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, salah satunya adalah dengan mengkaji serta membangun DOB baru di Papua.

DOB untuk Percepatan Pembangunan di Papua

Pembangunan di Papua memang perlu ditingkatkan agar merata. Jadi, tak hanya kota besar seperti Jayapura atau Merauke yang mendapatkan infrastruktur bagus. Namun juga wilayah lain seperti Nabire, Yahukimo, dll. Pemerataan pembangunan sangat diperlukan agar masyarakatnya makin maju.

Pembangunan yang diperlukan oleh masyarakat tak hanya berupa jalan dan jembatan, tetapi juga gedung sekolah. Jika ada provinsi baru maka akan dibangun gedung sekolah baru, mulai dari TK sampai SMA. Anak-anak Papua bisa sekolah di sana dan tidak harus pergi ke kota lain karena di wilayahnya tidak ada SMA.

Dengan pembangunan sekolah plus beasiswa maka warga Papua akan makin maju karena pola pikirnya berubah dan jadi makin positif serta modern. Mereka yang memiliki ijazah tinggi bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Atau, mereka juga bisa merintis bisnis dan jadi wirausaha yang memiliki penghasilan tinggi. Taraf hidupnya akan meningkat.

Percepatan pembangunan juga dilakukan untuk pemerataan jaringan listrik dan telekomunikasi. Listrik dan sinyal telepon serta internet harus merata. Tujuannya agar anak-anak Papua bisa belajar lewat video edukasi di internet. Pemerataan wajib dilakukan di segala bidang karena rakyat Papua adalah rakyat Indonesia.

Peresmian DOB Bentuk Keberpihakan Pemerintah Terhadap Rakyat Papua

Adanya DOB merupakan permintaan dari masyarakat Papua. Sehingga, kebijakan ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah terhadap rakyat Papua. Ketika ada pemekaran wilayah maka ada juga pemekaran potensi dan pembangunan yang masif sehingga warga sipil bisa hidup dengan taraf yang lebih baik.

Papua memiliki banyak potensi mulai dari pariwisata hingga hasil tambang. Kekayaan alam dan hasil bumi di Bumi Cendrawasih menjadi primadona, dan bisa diolah sehingga rakyatnya makin makmur. Untuk lebih menambah potensi di Papua maka pemerintah akan menambah daerah otonomi baru sehingga ada total 6 provinsi dari yang awalnya hanya ada 2 provinsi.

Masyarakat sangat berterima kasih kepada pemerintah, khususnya ke Presiden Jokowi. Dengan penambahan DOB, diharapkan masyarakat di Tanah Papua akan makin makmur karena mobilitasnya lancar. Dana APBD di provinsi baru tersebut juga untuk mendukung bidang pariwisata dan membuat rakyat makin sejahtera.

__
Eri Wenda
(Ketua INSAN Papua)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %