Menguak Sisi Lain Motif Kelompok Separatis Menyerang Warga Sipil Di Tengah Isu Kebijakan DOB

Ilustrasi Penyerangan
0 0
Read Time:4 Minute, 46 Second

impresionis.com – Eksistensi kelompok separatis masih terus ditunjukkan melalui berbagai cara yang tak manusiawi dan tak bisa dibenarkan. Setelah sebelumnya terbukti terlibat dalam dukungan aksi demonstrasi penolakan kebijakan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di sejumlah tempat di Papua. Menjadi salah salah satu penyulut kerusuhan yang terjadi pada saat aksi demonstrasi. Seakan tak mau redup dalam pembicaraan hingga pemberitaan, kelompok separatis yang terdiri dari beberapa wilayah tersebut kembali menunjukkan keberadaanya melalui gangguan keamanan hingga serangan terhadap warga sipil hingga menimbulkan korban jiwa.

Kembali Menyerang Tukang Ojek

Kekejaman kembali dilakukan dengan pembacokan terhadap tukang ojek di Kampung Kibologome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, papua pada Kamis 9 Juni 2022. Korban yang Bernama Adil (40) meninggal dunia setelah mendapat perawatan di puskesmas setempat. Dirinya menjadi korban penyerangan kelompok separatis pada Kamis 13:25 WIT.  Secara kronologis, korban tiba-tiba diserang di tanjakan Lapar Kampug Kibogolome, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak. Berdasarkan keterangan dari Wakasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Arif Irawan, korban mengalami luka hampir di sekujur tubuh. Terdapat luka bacok di hampir Sebagian tubuh, dan kedua tangan korban hancur akibat dianiaya.

Jenazah tukang ojek asal Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan tersebut telah tiba di Timika Jumat pagi menggunakan pesawat Smart Air PK-SNH dan kemudian disemayamkan di Perumahan BTN Kamoro, Kelurahan Wonosari Jaya. Jenazah dimakamkan di TPU Islam samping Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Yohanis Kapiyau Timika setelah sholat jumat.

Kelompok Separatis Berulangkali Menyerang Tukang Ojek

Penyerangan terhadap Adil bukanlah kali pertama yang dilakukan oleh kelompok separatis khususnya terhadap tukang ojek. Sebelumnya, tukang ojek bernama Samsul Satto ditembak saat sedang minum kopi di depan rumah, Kampung Kibologome, Distik Ilaga, Kabupaten Puncak senin 25 April 2022. Berdasarkan keterangan dari Polda Papua serangan tesebut diduga kuat merupakan aksi balas dendam atas tewasnya dua tokoh kelompok separatis.

Masih di bulan April 2022, Kelompok separatis juga menembak dua tukang ojek di Distrik Tingginambu. Kejadian tersebut terjadi pada 12 April menyebabkan salah satu tukang ojek bernama Soleno Lolo asal Toraja meninggal dunia setelah mengalami luka tembak di bagian rusuk kanan. Sementara rekannya, Sauku DG Paewa asal Makassar mengalami luka tembak di bagian kepala.

Penangkapan Terhadap Pelaku Pembacokan di Intan Jaya

Adanya kejadian penyerangan yang terus dilakukan oleh kelompok separatis di berbagai wilayah tak menyurutkan semangat aparat untuk bertindak cepat dan sigap dalam merespon kejadian yang sering menimbulkan korban jiwa tersebut. Salah satunya yakni adanya keberhasilan dari tim gabungan Satgas Damai Cartenz menangkap anggota kelompok separatis Papua di Kali Wabu, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Kelompok tersebut merupakan pelaku pembacokan terhadap warga sipil bernama Asep Saputra di Sugapa, Intan Jaya, pada April 2021 lalu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol A Mustofa Kamal, mengatakan bahwa berdasarkan hasil pengembangan, tersangka yang ditangkap juga bagian dari jaringan pengadaan amunisi untuk Kelompok Separatis Papua. Hal tersebut terbukti saat petugas menemukan 10 butir amunisi Cal 5,56 MM.

Membongkar Kamuflase Kelompok Separatis Bermuka Manis di Depan Aparat

Sebuah artikel di media menceritakan bagaimana kelompok separatis Papua dianggap memiliki kamuflase tinggi di depan TNI Polri namun aslinya membahayakan. Cerita tersebut dimulai dari adanya video yang memperlihatkan seorang pria paruh baya yang selama ini sangat baik, familiar, dan suka membantu, namun kemudian bergabung ke kelompok separatis Papua. Hal tersebut sempat mengagetkan banyak pihak termasuk TNI Polri, pasalnya sosok tersebut sangat dekat dengan aparat apalagi kerap diminta untuk memimpin doa jika terdapat momentum penting, seperti makan bersama.

Kejadian berawal dari momen dimana aparat TNI Polri bersama warga di wilayah pedalaman, hendak memperbaiki pos keamanan yang sebelumnya dirusak oleh kelompok separatis. Pagi itu, sudah banyak warga di kampung berkumpul pada lokasi yang merupakan tempat dilangsungkan kerja gotong royong. Seiring jarum jam yang terus beranjak ke siang hari, aparat TNI Polri pun telah berjibaku bersama warga dalam membangun pos yang akan ditempati aparat keamanan. Saking banyaknya warga yang datang membantu, sehingga pekerjaan pembangunan Pos Keamanan itu pun berjalan relatif cepat.

Hanya saja, ada hal mencurigakan yang tiba-tiba datang, ketika semua orang larut dalam pekerjaan tersebut. Tak terlalu jauh dari lokasi kerja bakti terdapat sekelompok pria terlihat sedang bernyanyi dan menari, larut dalam asyiknya berkumpul bersama. Jarak antara para pria dan warga yang membantu TNI Polri membangun Pos Keamanan, hanya terpaut sekitar 500-700 meter. Oleh karena itu, semua yang dilakukan para pria tersebut, mudah dilihat dari lokasi Pos Keamanan. Dari video yang beredar terungkap bahwa para pria tersebut bukan warga asli kampung tersebut.  Mereka juga bukan datang dari kampung tetangga. Sebab dari perangainya terlihat jelas, betapa mereka adalah ‘pengelana’ di hutan Papua.

Para pengelana tersebut adalah Kelompok separatis. Tampak dari cara-caranya saat berkumpul, yakni bernyanyi dan menari bersama. Kehadiran mereka bukan karena kebetulan, kemungkinan sedang merencanakan sesuatu. Sebab pada pagi itu, warga kampung sangat dekat dan menyatu dengan TNI Polri. Sehingga, sempat dikhawatirkan akan adanya serangan dari kelompok tersebut. Akan tetapi, dari pengalaman yang terjadi selama ini, jika aparat TNI Polri kumpul bersama warga, maka umumnya kelompok separatis tak akan melakukan serangan. Namun satu hal yang tiba-tiba mengganggu, adalah pria yang biasanya memimpin doa tak terlihat dalam kerja gotong royong tersebut.

Pada saat itulah terungkap fakta, bahwa lelaki yang biasanya memimpin doa, ternyata bersama kelompok separatis. Oknum tersebut bahkan berdiri di atas batu dan berhadapan dengan kelompok pria yang memanggul senjata api. Bahkan ketika dilihat melalui teleskop senjata api milik TNI Polri, tampak jelas betapa Sandia Magai, nama pria tersebut, sedang berada bersama kelompok separatis. Hal mengejutkan lainnya, adalah Sandia Magai ternyata memegang senjata api, entah didapatkan dari siapa. Hanya saja, ia tak mau memamerkannya kepada publik. Atau bisa saja ia tak ingin kedoknya terbongkar, apalagi dihadapan TNI Polri.

Mungkin karena pertimbangan itulah, sehingga Sandia Magai pun terpaksa memainkan sinetron ‘singa berbulu domba’. Berpura-pura baik di hadapan TNI Polri dan warga setempat, padahal sesungguhnya Sandia Magai adalah seorang pembunuh milik kelompok separatis Papua.

__

Agus Kosek

(Pemerhati Masalah Papua)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
%d bloggers like this: