Survei SMRC Menunjukkan Popularitas Ganjar  Paling Tinggi sebagai Capres 2024

0 0
Read Time:2 Minute, 11 Second

Jakarta — Survei dari SMRC menunjukkan bahwa angka elektabilitas, tingkat kesukaan masyarakat hingga bagaimana popularitas yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo ternyata terus menjadi yang paling tinggi dan mengungguli semua nama sebagai Capres 2024.

Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali merilis sebuah hasil survei terbaru yang mereka lakukan berkaitan dengan elektabilitas para bakal calon presiden (Bacapres) untuk Pemilu 2024 mendatang.

Diketahui bahwa survei yang dilakukan tersebut pada periode tanggal 30 hingga 31 Mei 2023 lalu, yang mana menggunakan pemilihan sampel dengan metode random digit dialing (RDD).

Dengan menggunakan teknik RDD tersebut, sampel yang berjumlah sebanyak 909 responden dipilih dengan nomor telepon secara acak.

Terkait dengan survei yang dilakukan itu, Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menyatakan bahwa para responden diberikan pertanyaan kira-kira sosok mana yang akan mereka pilih apabila misalnya Pilpres digelar pada hari ini.

Kemudian, hasil dari survei tersebut dengan simulasi tiga nama tertutup itu, yakni Ganjar Pranowo menjadi nama yang paling unggul dengan elektabilitas yang ia miliki hingga sebesar 37,9 persen.

Sedangkan, di posisi kedua terdapat nama Prabowo Subianto dengan angka elektabilitas 33,5 persen dan disusul dengan Anies Baswedan yang hanya memiliki angka elektoral 19,2 persen saja.

“Pewawancara hanya menyebutkan tiga nama. Masih ada 9,4 persen warga yang masih tidak menyebutkan pilihannya. Ganjar 37,9 persen, kemudian Prabowo 33,5%, dan Anies 19,2 persen,” kata Deni.

Terdapat pula survei lain yang dilakukan oleh Lembaga Riset SMRC, yakni untuk mengukur tingkat likeability atau tingkat kesukaan masyarakat kepada tiga nama tokoh politik terkenal di kalangan para pemilih kritis Tanah Air itu.

Ternyata dalam survei mengenai tingkat kesukaan, tetap nama bakal Capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo menjadi yang paling banyak disukai oleh rakyat.

Deni Irvani menyebutkan bahwa kalangan para pemilih kritis sendiri sangat menyukai Gubernur Jawa Tengah itu bahkan dengan besaran angka mencapai 82 persen.

“Di kalangan pemilih kritis, tingkat likeability Ganjar Pranowo 82 persen, Prabowo Subianto 80 persen, dan Anies Baswedan 68 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut, masih dalam hasil survei yang dilakukan oleh SMRC, menunjukkan bahwa popularitas yang dimiliki oleh pria yang identik dengan rambut putihnya tersebut juga mendapatkan angka yang paling tinggi.

Ganjar Pranowo mendapatkan angka sebesar 42,2 persen terkait dengan tingkat popularitas yang dia miliki, disusul dengan Prabowo dan kemudian Anies.

“Pada kelompok pemilih yang tahu ketiganya, Ganjar mendapat dukungan 42,2%, unggul signifikan atas Prabowo 32,1%, dan Anies 17,4%. Yang belum tahu 8,3%,” tutur Direktur Riset SMRC tersebut.

Tentunya dengan hasil bahwa nama kader PDIP itu masih menjadi yang populer bagi masyarakat, maka tentunya menurut SMRC bahwa namanya diperkirakan masih akan terus bisa menaikkan elektabilitasnya, apalagi tingkat popularitas ini terus naik.

***

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
%d bloggers like this: