Orang Asli Papua Dukung Aparat Keamanan Tindak Tegas KST 
Oleh : Ronald Owens )*

0 0
Read Time:3 Minute, 36 Second

Papua, sebuah provinsi yang kaya akan keindahan alam dan keberagaman budaya. Namun, di balik keindahan tersebut, terdapat masalah yang serius yang menghantui masyarakat Papua, yaitu Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua. KST Papua telah mengancam keamanan dan perdamaian di wilayah ini selama beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, Orang Asli Papua (OAP) mendukung terhadap penindakan tegas terhadap KST Papua untuk menjaga keamanan dan kedamaian di Papua. 

Di tengah meningkatnya ketegangan di Papua, suara dukungan dari orang asli Papua terhadap langkah-langkah penindakan tegas terhadap KST semakin berkumandang. Meskipun penyelesaian konflik Papua masih menjadi topik yang kompleks, banyak warga Papua menunjukkan keinginan kuat untuk hidup dalam keamanan dan kemakmuran di bawah kedaulatan NKRI. 

Orang Asli Papua adalah penduduk asli Papua yang memiliki hubungan erat dengan tanah leluhur mereka. Mereka hidup dalam harmoni dengan alam dan menjaga keberlanjutan lingkungan sekitar. Sebagai masyarakat asli Papua, mereka memiliki kepentingan yang sama dengan pemerintah dalam menjaga keamanan dan perdamaian di wilayah mereka.

Tindakan tegas terhadap KST Papua sangatlah penting untuk melindungi masyarakat Papua dari ancaman yang ditimbulkan oleh kelompok ini. KST Papua telah melakukan serangkaian aksi kekerasan, termasuk pembunuhan, perampokan, dan serangan terhadap aparat keamanan. Tindakan ini tidak hanya mengancam nyawa masyarakat Papua, tetapi juga menghancurkan pembangunan dan perkembangan di wilayah ini.

Kepala Suku Kamoro, Bernadus Yawa mengatakan bahwa masyarakat Papua sama sekali tidak menginginkan adanya kejahatan yang terus dilakukan oleh KST Papua. masyarakat hanya menginginkan hidup dengan penuh rasa nyaman dan aman. Oleh karana itu, masyarakat Papua mendukung penuh kepada seluruh jajaran aparat keamanan untuk menindak tegas terhadap KST Papua. Mendukung penindakan tegas terhadap KST Papua berarti mendukung penegakan hukum yang adil dan berkeadilan. Aparat keamanan harus diberikan kekuatan dan dukungan yang cukup untuk melawan KST Papua. Mereka harus dapat bertindak sesuai dengan hukum dan melindungi masyarakat Papua dari ancaman yang ada.

Senada dengan Bernadus Yawa, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soesatyo mengatakan bahwa dirinya juga mendukung seluruh langkah dan tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah melalui aparat keamanan dalam melakukan penindakan secara tegas terhadap gerombolan KST Papua. Namun, dalam melakukan penindakan tegas terhadap KST Papua juga harus dilakukan dengan bijak. Pemerintah harus memastikan bahwa tindakan tersebut tidak melibatkan pelanggaran hak asasi manusia atau diskriminasi terhadap masyarakat Papua. Penegakan hukum harus dilakukan secara profesional dan transparan, dengan melibatkan semua pihak yang terlibat.

Dalam mendukung penindakan tegas terhadap KST Papua, masyarakat asli Papua juga dapat berperan aktif dalam memberikan informasi kepada aparat keamanan tentang keberadaan dan aktivitas kelompok ini. Mereka memiliki pengetahuan yang mendalam tentang wilayah ini dan dapat memberikan informasi yang berharga dalam melacak dan menangkap anggota KST Papua.

Tokoh adat Papua, Herman Albert Yoku juga mengatakan bahwa mengecam tindakan yang dilakukan oleh KST Papua yang dinilai banyak melanggar HAM dengan membunuh masyarakat sipil. Oleh karenanya, dirinya mendukung pemerintah dalam menindak tegas KST Papua. Keamanan dan perdamaian di Papua adalah tanggung jawab bersama. Masyarakat asli Papua, pemerintah, dan aparat keamanan harus bekerja sama untuk mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh KST Papua. Dengan dukungan penuh dari masyarakat asli Papua, penindakan tegas terhadap KST Papua dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan adanya penindakan tegas terhadap KST Papua juga akan memberikan rasa aman dan damai bagi masyarakat Papua. Mereka akan dapat hidup tanpa rasa takut dan dapat berkembang dalam lingkungan yang aman. Pembangunan dan perkembangan di wilayah ini juga akan dapat berjalan dengan lancar, karena investasi dan bisnis tidak akan terganggu oleh kekerasan dan ancaman. Dalam menghadapi KST Papua, penting bagi masyarakat asli Papua untuk tetap bersatu dan solid. Mereka harus menolak segala bentuk kekerasan dan ekstremisme yang dilakukan oleh kelompok ini. Solidaritas dan persatuan akan menjadi kunci untuk mengatasi ancaman KST Papua dan membangun Papua yang aman dan damai.

Sebagai masyarakat asli Papua, Orang Asli Papua (OAP) memiliki tanggung jawab untuk melindungi wilayah mereka dari ancaman KST Papua. Dukungan mereka terhadap penindakan tegas terhadap KST Papua adalah langkah penting dalam menjaga keamanan dan perdamaian di Papua. Dengan bersatu dan solid, masyarakat asli Papua dapat mengatasi ancaman ini dan membangun masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Dengan demikian, penindakan tegas terhadap KST tetap menjadi bagian dari strategi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Papua, upaya-upaya dialog, rekonsiliasi, dan pembangunan terus diupayakan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perdamaian dan kemakmuran jangka panjang bagi semua warga Papua

)* Penulis adalah mahasiswa asal Papua tinggal di Yogyakarta

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
%d bloggers like this: