Mengapresiasi Sinergitas TNI Polri Amankan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

0 0
Read Time:3 Minute, 40 Second

Oleh : Aditya Anggara )*

Pemilihan umum seringkali menjadi momen krusial bagi suatu negara dalam menentukan arah politiknya. Namun, selesai pemilu bukanlah akhir dari perjuangan untuk kesejahteraan bersama. Setelah pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sinergitas antara TNI dan Polri sangat penting untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses rekapitulasi suara. TNI dan Polri memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan selama proses pemilihan umum, termasuk dalam pengamanan proses rekapitulasi suara Pemilu 2024. 

Dengan sinergitas yang baik antara TNI dan Polri tersebut, diharapkan proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan transparan, serta mendapatkan hasil yang akurat dan dapat dipercaya sesuai dengan kehendak rakyat Indonesia.

TNI dan Polri merupakan dua kekuatan utama dalam menjaga keamanan selama proses Pemilu di Indonesia. Mengamankan rekapitulasi suara Pemilu 2024 adalah bagian penting dari tanggung jawab mereka untuk memastikan proses demokratis berjalan lancar dan adil. Langkah-langkah yang biasanya diambil oleh TNI dan Polri untuk mengamankan rekapitulasi suara Pemilu 2024 adalah menempatkan personel mereka di lokasi-lokasi rekapitulasi suara yang strategis untuk mengawasi dan menjaga keamanan. 

Selain itu, mereka akan melakukan pengawasan terhadap proses rekapitulasi suara untuk memastikan bahwa semua langkah diikuti sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Kemudian apabila terjadi gangguan keamanan atau ketidakberesan lainnya, TNI dan Polri akan bertindak cepat untuk menangani situasi tersebut dan memastikan bahwa proses rekapitulasi suara tetap berjalan dengan lancar.

Pihak TNI dan Polri juga aktif melakukan patroli guna mencegah potensi gangguan keamanan selama proses rekapitulasi berlangsung. Langkah-langkah preventif ini diambil untuk memastikan bahwa seluruh tahapan Pemilu dapat berjalan dengan aman dan tertib. TNI dan Polri juga bertanggung jawab untuk melindungi logistik dan dokumen terkait Pemilu agar tidak terjadi manipulasi atau kecurangan. 

Dengan adanya kerja sama yang baik antara TNI dan Polri serta koordinasi yang efektif antara kedua pihak, diharapkan rekapitulasi suara Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, transparan, dan sesuai dengan aturan yang berlaku, serta hasilnya dapat dipercaya oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah, Komisaris Besar Polisi Djoko Wienartono mengatakan pihaknya ingin memastikan disetiap pelaksanaan perhitungan dan rekapitulasi suara mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi semuanya dapat berjalan dengan aman dan lancar. Serta diharapkan kepada penyelenggara dan peserta Pemilu 2024 yang dipercayakan untuk mengikuti perhitungan dan rekapitulasi suara, dapat bekerja sama untuk menciptakan situasi kamtibmas agar tetap aman dan kondusif.

Sinergitas antara TNI dan Polri juga tercermin dalam koordinasi dan komunikasi yang lancar antara kedua pihak selama pelaksanaan pengamanan. Hal ini guna memastikan respons yang cepat dan efektif dalam menghadapi setiap potensi gangguan atau ancaman keamanan. Kehadiran TNI dan Polri dalam mengamankan rekapitulasi suara Pemilu 2024 tidak hanya mencerminkan profesionalisme keduanya dalam menjalankan tugas, tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen untuk mendukung terwujudnya proses demokrasi yang aman, lancar, dan damai.

Hal senada juga dikatakan oleh Komandan Kodim 0908/Bontang, Letkol Inf Aryo Bagus Daryanto yang mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal penghitungan suara di tingkat kecamatan, sebagai upaya mencegah kemungkinan adanya hal-hal yang tidak diinginkan demi menyukseskan Pemilu 2024. Selain itu, dengan adanya pengamanan yang ketat, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, kondusif, dan terkendali. Hal ini juga menjadi langkah preventif untuk menghindari potensi gangguan atau ancaman terhadap keamanan pasca pelaksanaan Pemilu.

Sinergitas merupakan faktor kunci untuk menjamin kesuksesan pasca pelaksanaan Pemilu 2024. Karena sinergitas dari pihak TNI dan Polri sangat diperlukan dan harus semakin solid, khususnya dalam mengantisipasi berbagai konflik yang mungkin bisa saja terjadi pada setiap tahapan Pemilu. Selain itu, sinergitas antara semua pihak yang terlibat akan membantu menciptakan lingkungan yang aman dan dapat dipercaya selama proses rekapitulasi suara. Sehingga dengan kerja sama yang baik, setiap pihak dapat memberikan kontribusi untuk menjaga integritas dan keamanan proses demokrasi tersebut.

Dalam proses pelaksanaan rekapitulasi suara, harus bersama-sama serta saling mendukung satu sama lain untuk meningkatkan sinergitas bersama. Maka dari itu, sinergitas ini sangat berguna untuk menyamakan persepsi, menyelaraskan rencana, serta tindakan yang akan dilaksanakan dalam rangka menyukseskan tahapan pelaksanaan Pemilu secara keseluruhan. Pentingnya sinergitas antara TNI dan Polri dalam mengamankan Pemilu tidak hanya menciptakan keamanan fisik selama proses Pemilu saja, tetapi juga mencerminkan dukungan bersama terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan ketertiban masyarakat.

Masyarakat juga diminta untuk turut berperan aktif dalam menjaga kondusivitas selama periode pasca pelaksanaan Pemilu. Sehingga dengan kerja sama yang baik antara Polri, TNI, dan masyarakat, diharapkan proses rekapitulasi hasil Pemilu dapat berlangsung dengan lancar, transparan, dan adil, serta memperkuat kepercayaan publik terhadap demokrasi di Indonesia.

)* Penulis adalah Pemerhati Politik Dalam Negeri

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
%d bloggers like this: