Mengapresiasi Komitmen Aparat Keamanan Tindak Tegas KST Papua

0 0
Read Time:3 Minute, 43 Second

Oleh : Adrianus Bonay )*

Masyarakat di Papua sangat mengapresiasi dan mendukung penuh upaya aparat keamanan dalam menindak tegas Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua. KST Papua menjadi sumber kekacauan serta terlibat dalam serangkaian kekerasan yang merugikan warga sipil, mengancam stabilitas daerah, dan mengganggu kehidupan sehari-hari masyarakat Papua. Tindakan tegas terhadap KST Papua diperlukan untuk menjaga kedamaian dan keamanan masyarakat Papua serta memastikan bahwa hukum dan ketertiban tetap terjaga.

KST Papua merupakan komplotan pemberontak yang paling pengecut di dunia. Pasalnya, aksi-aksinya kerap bersembunyi di balik keharuman nama tokoh-tokoh agama. Metode yang digunakan adalah dengan memanfaatkan perempuan dan anak-anak sebagai perisai untuk melawan aparat keamanan TNI dan Polri. Selain itu, KST Papua juga pernah mengusir warga untuk mengosongkan kampungnya dengan alasan akan berperang dengan aparat keamanan gabungan TNI dan Polri. Dalam aksi serangannya, KST Papua juga sering mengeluarkan propaganda dan salah satunya dengan memfitnah terhadap aparat TNI dan Polri.

Menindak tegas KST Papua adalah langkah yang penting untuk menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah di Tanah Papua. KST Papua telah terlibat dalam berbagai kegiatan kriminal seperti penyerangan terhadap aparat keamanan, penculikan, pemerasan, dan penyerangan terhadap warga sipil. Tindakan tegas terhadap KKB perlu dilakukan untuk memastikan perlindungan terhadap masyarakat dan mencegah penyebaran kekerasan lebih lanjut.

Tokoh Masyarakat Papua, Yonas Alfons Nusy mengatakan aparat keamanan yang terdiri dari TNI dan Polri sudah benar dalam menindak tegas KST Papua. Karena kelompok separatis tersebut sudah banyak melakukan aksi yang merugikan banyak warga sipil serta melanggar hak asasi manusia (HAM). Selain itu, apa yang dilakukan oleh KST Papua tidak hanya melakukan kejahatan, tetapi juga menyebarkan kebohongan. Mereka melakukan provokasi-provokasi kepada masyarakat agar mendukung tindakan mereka yang ingin Papua menjadi negara yang merdeka.

Oleh sebab itu, Yonas mengajak agar masyarakat Papua tidak terpengaruh dan terprovokasi oleh berbagai tindakan yang dilakukan kelompok kriminal tersebut. Karena apa yang dilakukan oleh KST Papua bukanlah perjuangan melainkan tindakan keji yang banyak merugikan masyarakat di Papua.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Papua, Rulche Wally mengatakan aksi-aksi brutal yang dilakukan oleh KST Papua sudah melewati batas kewajaran. Pihaknya bersama dengan masyarakat Papua tidak setuju dan tidak terima atas semua tindakan yang dilakukan oleh KST Papua. Karena semua tindakan yang dilakukan oleh KST Papua selalu membuat resah masyarakat dan menghambat pembangunan di Tanah Papua. Selain itu, pihaknya juga berharap kepada aparat keamanan agar menindak tegas KST Papua karena telah banyak melakukan kekerasan terhadap masyarakat khususnya Orang Asli Papua (OAP).

Deretan aksi teror yang dilakukan oleh KST Papua bukan karena kesejahteraan yang diberikan oleh pemerintah di Papua kurang. Pemerintah justru terus meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Papua. Tetapi KST Papua memang tidak suka dengan pembangunan yang massif dilakukan pemerintah. Pembangunan kesejahteraan yang dilakukan pemerintah mengurangi pengaruh kelompok separatis tersebut kepada masyarakat. Karena itu, kelompok separatis itu melakukan teror dan serangan terhadap warga sipil. Sehingga dengan kondisi tersebut, pamerintah terus menyiapkan langkah, baik pendekatan lunak maupun keras, untuk penuntasan masalah KST Papua. Karena masyarakat di Papua harus diberikan jaminan keamanan dan kenyamanan hidup yang layak.

Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D Fakhiri memastikan akan menindak tegas KST Papua yang kerap mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat di Papua. Selain itu, permasalahan di Papua harus diselesaikan hingga ke akar-akarnya. Agar konflik yang dilakukan KST di Papua dapat terselesaikan secara optimal. Kemudian pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Papua.

Pemberantasan KST Papua memang tidak mudah, tetapi dengan kerjasama yang erat antara pemerintah, masyarakat, dan aparat keamanan, serta pendekatan pembangunan yang terencana, dapat memberikan harapan untuk mengatasi konflik ini dan menciptakan kondisi yang aman dan stabil di Papua. Dukungan masyarakat sangat penting dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban. Pendidikan dan penyuluhan terhadap masyarakat Papua mengenai bahaya dan dampak negatif dari aktivitas KST Papua dapat meningkatkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat demi terwujudnya stabilitas keamaan di Papua. Mendukung tindakan tegas aparat keamanan dalam menindak KST Papua memerlukan pemahaman dan penekanan pada pentingnya keamanan, kedaulatan negara, dan perlindungan terhadap masyarakat yang menjadi korban dari kekejian KST Papua

Saat ini pemerintah terus melakukan upaya yang serius dalam menindak tegas KST Papua yang selalu melakukan tindakan kriminal. Aparat keamanan juga terus berusaha untuk mengungkap dan menangkap anggota KST Papua. Aksi KST Papua membuat kerangka pembangunan Papua keluar dari jalur yang semestinya dapat dinikmati masyarakat Papua sekarang ini. Ketika pembangunan terhenti, maka secara jangka panjang akan berdampak pada masalah-masalah kesejahteraan masyarakat Papua, seperti akses jalan dari satu wilayah ke wilayah lain.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua yang tinggal di Yogyakarta

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
%d bloggers like this: