Pemuda Apresiasi Pembangunan Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat oleh BIN

0 0
Read Time:3 Minute, 35 Second

Oleh: Tyas Permata Wiyana *)

Para pemuda di Aceh mengapresiasi sangat tinggi adanya realisasi pembangunan Aceh Youth Creative Hub (Gedung Kreatif Anak Muda) Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) oleh Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN). Dengan adanya pembangunan ini, maka Pemuda Aceh diharapkan dapat membangun pilar ekonomi demi membangun negeri dan merajut kesejahteraan.

Sebelumnya, setelah BIN sukses besar melakukan pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Poros Wahno, Abepura, Provinsi Papua dan telah dilakukan peresmian secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), kemudian beliau juga meminta agar hal serupa mampu dibangun pula di Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku hingga Aceh.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Aceh Kreatif, Delky Nofrizal Qutni kemudian mengatakan bahwa pihaknya memberikan dukungan sangat penuh dan sangat mengapresiasi tinggi keberhasilan pembangunan yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara tersebut, yang kemudian dilanjutkan dengan adanya instruksi Presiden untuk melakukan pembangunan gedung kreatif pemuda di Aceh.

Selaku pemuda di Aceh, Delky menilai bahwa sebenarnya berbagai daerah di Indonesia termasuk di Aceh sendiri memang memiliki para generasi muda penerus bangsa yang mempunyai banyak nilai kreativitas, inovasi, minat yang besat untuk bergerak di banyak bidang seperti fashion, industri kreatif, peternakan, perikanan dan lain sebagainya.

Bagaimana adanya peranan aktif dari BIN tersebut dalam memberikan fasilitas akan kreativitas dan inovasi para generasi muda menjadi sangat penting. Sehingga adanya perhatian Badan Intelijen Negara termasuk perhatian Pemerintah dan Presiden Joko Widodo untuk daerah paling Barat di Indonesia seperti Aceh itu menjadi sebuah catatan yang patut untuk diapresiasi sangat tinggi.

Sehingga dapat pula dilihat dengan sangat jelas bahwa BIN dalam upayanya untuk terus mengembangkan seluruh potensi dan memberdayakan para pemuda di Indonesia, sama sekali tidak pernah melupakan Aceh.

Komitmen kuat Badan Intelijen Negara Republik Indonesia, khususnya di Aceh dan ditambah dengan adanya instruksi Presiden terkait pembangunan Gedung Kreatif Pemuda (Youth Creative Hub) atau Gedung Pusat Aneuk Aceh Muda Hebat (Amanah) itu pada dasarnya juga telah sejalan dengan apa yang telah termaktub dalam Qanun Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pembangunan Kepemudaan Aceh.

Realisasi pembangunan Youth Creative Hub Aceh Amanah yang diinisiasi oleh BIN hingga adanya Instruksi Presiden tersebut merupakan peluang emas bagi pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh agar mereka mampu juga merealisasikan komitmennya di bidang kepemudaan yang telah termaktib dalam Qanun Aceh itu.

Maka dari itu, adanya peluang emas tersebut langsung bagi para pemuda di Serambi Mekkah itu dianggap hendaknya mampu untuk direspon dengan cepat demi semakin mengoptimalkan pembangunan pada sektor kepemudaan di Tanah Rencong itu.

Selain memang sudah menjadi sebuah kewajiban bagi Pemuda Aceh untuk terus memberikan fasilitas akan pengembangan kreativitas dan inovasi bagi para pemuda, kehadiran Youth Creative Hub Aceh Amanah yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara itu juga menjadi bagian dari upaya meningkatkan partisipasi generasi muda dalam pembangunan Aceh di masa mendatang.

Ketika fasilitas akan pengembangan kreativitas dan inovasi bagi para generasi muda penerus bangsa di Aceh telah terpenuhi, maka jelas akan bisa membantu menghadirkan banyak karya yang secara langsung maupun tidak langsung nantinya akan sangat berdampak pada pembangunan ekonomi di wilayah Aceh secara partisipatif dengan melibatkan banyaknya gagasan inovatif dari para generasi muda.

Perlu ditekankan pula bahwa dengan adanya pembangunan Youth Creative Hub Aceh Amanah itu menandakan juga pihak BIN sangat mendukung penuh adanya peralihan paradigma pembangunan menjadi Indonesiasentris atau mampu merata di seluruh pelosok Indonesia, menggantikan paradigma pembangunan secara Jawasentris atau hanya berpusat di Pulau Jawa saja.

Karena sebagaimana telah disinggung pula bahwa sejatinya seluruh generasi muda penerus bangsa di berbagai wilayah di pelosok Nusantara, bukan hanya di Jawa saja, termasuk khususnya di Aceh sebenarnya memiliki banyak sekali bakat terpendam mereka akan kreativitas dan inovasi sehingga penting untuk difasilitasi secara optimal.

Tatkala para pemuda di Aceh telah memiliki fasilitas yang memadai berupa Youth Creative Hub Aceh Amanah yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara tersebut, maka nantinya bukan tidak mungkin mereka akan bisa bersaing secara tingkat nasional atau bahkan pada level dunia internasional.

Alasan utama dari dibangunnya Youth Creative Hub Aceh Amanah itu memang untuk bisa memberikan kesempatan yang sangat luas bagi para anak muda yang memiliki kreativitas sehingga mereka semakin mampu bergerak di banyak bidang termasuk mewujudkan adanya kesamarataan akan pemberian kesempatan bagi semuanya.

Untuk itu, mengapa para pemuda di Aceh memberikan apresiasi sangat tinggi dan berkomitmen kuat dalam mendukung penuh pembangunan Youth Creative Hub (Gedung Kreatif Anak Muda) di Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) tersebut.

*) Kontributor Persada Institute

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
%d bloggers like this: