Masyarakat Papua Mengapresiasi Keberlanjutan Pembangunan Nasional

0 0
Read Time:3 Minute, 39 Second

Oleh : Alfred Jigibalom )*

Papua memiliki potensi besar dalam sumber daya alam maupun kekayaan budaya yang saat ini telah menjadi fokus utama pembangunan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini merupakan upaya pemerataan kesejahteraan dan kesetaraan dalam fasilitas pelayanan. Dalam upaya untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan, peran aktif masyarakat Papua sangatlah penting.

Masyarakat Papua memiliki pemahaman yang dalam tentang pentingnya lingkungan dan konservasi sumber daya alam. Mereka terus mendukung upaya pemerintah dalam menjaga keberlanjutan lingkungan, termasuk melalui partisipasi dalam program-program yang telah di rencanakan oleh pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur di wilayah Papua.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Barat dan Kementerian PPN/Bappenas menggelar Focus Discussion Group (FGD) Penyusunan Rencana Awal Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Papua 2025-2029. Sekretaris Utama Bappenas, Himawan Hariyoga Djojokusumo mengatakan, arah FGD menuju kebijakan Papua Sehat, Papua Cerdas dan Papua Produktif.

Selain itu, Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) Perwakilan Provinsi Papua Barat mengatakan Pemerintah Pusat sangat konsen merealisasikan program pembangunan kesejahteraan orang asli Papua.

Anggota BP3OKP Papua Barat Irene Manibuy mengatakan Langkah konkret sudah dirumuskan untuk memperkuat sektor-sektor kunci termasuk pengembangan ekonomi lokal, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. penyusunan rancangan awal rencana aksi percepatan pembangunan Papua yang diselenggarakan setiap lima tahunan harus melibatkan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan tokoh agama.

Pelibatan para tokoh dinilai sangat efektif menjawab kebutuhan masyarakat asli Papua untuk diakomodasi melalui perumusan program dan kegiatan percepatan pembangunan Tanah Papua. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan supaya pelaksanaan rencana aksi bisa mengurai masalah kesenjangan yang terjadi selama ini.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi masyarakat Papua dalam proses pembangunan yang memungkinkan masyarakat untuk berkontribusi dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pembangunan lokal.

Selain itu, pendidikan dan kesehatan menjadi pusat perhatian, sehingga aksesibilitas dan kualitas layanan dua sektor ini terus meningkat. komitmen yang lebih besar dari pemerintah dan semua pemangku kepentingan untuk terus memperkuat partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Ini termasuk peningkatan investasi dalam pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan masyarakat, serta memastikan bahwa suara masyarakat Papua didengar dan diakomodasi dalam setiap tahap pembangunan.

Terkait hal itu, Universitas Cendrawasih (Uncen) siap melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mumpuni guna membantu pembangunan di setiap daerah di Papua, khususnya di Papua Barat Daya. Ketua Program Studi Magister Manajemen Universitas Cendrawasih (Uncen) Ferdinan Risamasu menjelaskan pembangunan daerah yang berkaitan dengan optimalisasi potensi alam yang dimilikinya tentu tidak terlepas dengan SDM yang mumpuni.

Pengembangan kapasitas masyarakat merupakan aspek penting dalam mendukung partisipasi aktif dalam pembangunan. Pemerintah menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat Papua dalam berbagai bidang.

Tokoh Masyarakat Wamena, Yusen Tabuni mengatakan agar seluruh elemen warga untuk mendukung pembangunan di Provinsi Papua Pegunungan sehingga tercapainya peningkatan Sumber Daya Manusia,(SDM) dan kesejahteraan yang merata. Tentunya dengan tidak mudah terhasut oleh isu-isu provokatif yang dapat menimbulkan konflik, gangguan keamanan dan memecah belah persatuan masyarakat. Mari kita berdayakan program-program Otonomi Khusus (Otsus) demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jayawijaya

Dengan mendukung penuh program-program pemerintah sebagai wujud kepedulian dan peran serta atas kepercayaan pemerintah Pusat yang telah memekarkan Provinsi Papua Pegunungan, sebaiknya sebagai warga negara yang baik ikut serta berpartisipasi dalam mempercepat pembangunan di segala bidang.

Pembangunan di Papua menjadi tantangan yang kompleks dan memerlukan upaya bersama dari pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta. Meskipun masih banyak tantangan yang perlu diatasi, langkah-langkah konkret telah diambil untuk mendukung pembangunan di Papua. Dengan komitmen yang berkelanjutan dan pendekatan yang inklusif, harapan terhadap masa depan yang lebih baik bagi Papua dapat direalisasikan.

Masyarakat Papua memberikan dukungan vital untuk keberlanjutan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Melalui partisipasi aktif dalam program-program lingkungan, pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, dan keterlibatan dalam proses pembangunan, mereka menjadi mitra penting dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Dukungan masyarakat dalam pengawasan dan penegakan hukum lingkungan juga membantu menjaga kelestarian lingkungan Papua. Melalui kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, harapan terhadap masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi Papua dapat diwujudkan.

Partisipasi aktif masyarakat Papua merupakan faktor kunci dalam mendukung keberlanjutan pembangunan di wilayah tersebut. Melalui kontribusi mereka dalam pelestarian lingkungan, pengelolaan sumber daya alam, partisipasi dalam perencanaan dan implementasi proyek pembangunan, pemberdayaan ekonomi lokal, serta pengawasan dan penegakan hukum lingkungan, masyarakat Papua telah membuktikan komitmennya untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Dengan dukungan yang berkelanjutan dari pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, harapan terhadap masa depan yang lebih baik bagi Papua sebagai sebuah daerah yang berkelanjutan dapat direalisasikan.

)* Mahasiswa Mahasiswa Papua tinggal di Bali

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
%d bloggers like this: