Dukung Vaksinasi Covid-19, Jangan Kendor Protokol Kesehatan

0 0
Read Time:1 Minute, 54 Second

21/01/2021 – Pemerintah Indonesia tengah melakukan sejumlah upaya dlam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19, termasuk program vaksinasi.Vaksin yang disediakanpun untuk warga adalah gratis, artinya, masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

Sampai dengan Desember 2020, sebanyak 3 juta vaksin dari jumlah total 125 juta dosis Covid-19 telah didatangkan dari perusahaan Sinovac Biotech Ltd (Sinovac), asal Tiongkok. Menurut Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, dari jumlah tersebut dan dengan memperhitungkan bahwa satu orang membutuhkan dua dosis vaksin serta 15 persen sebagai cadangan sesuai dengan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), maka total vaksin yang dibutuhkan adalah sekitar 426 juta dosis vaksin. Menteri Kesehatan telah memastikan bahwa jumlah kebutuhan dosis vaksin tersebut dapat dipenuhi. 

Pemerintah juga memastikan bahwa pemberian vaksin dilakukan apabila telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagi produk yang aman, efektif dan halal.

Berdasarkan survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), mencatat bahwa sebanyak 81,7% responden menyatakan siap mengikuti program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah. Survei tersebut juga menunjukkan sebanyak 76,6% responden merasa puas dan yakin dengan usaha pemulihan ekonomi nasional oleh pemerintah yang sangat membantu pada ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi Covid19. Sedangkan 18,7% menyatakan tidak puas terhadap usaha pemulihan ekonomi nasional oleh pemerintah karena tidak ada dampak positif terhadap keadaan ekonomi masyarakat. Adapun 4,7% tidak menyatakan apapun. Dari hasil survei juga diketahui bahwa sebanyak 71,8% merasa puas dengan penanganan dan penanggulangan Covid-19 oleh pemerintah.

Namun, meskipun divaksin, kita harus tetap taat kepada protokol Kesehatan. Potokol Kesehatan pola 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak), menghindari kerumunan, dan pola hidup sehat sudah seharusnya menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari kita.

Untuk itu, sudah sepatutnya masyarakat agar turut menyukseskan program vaksinasi gratis mendatang dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

Dengan dukungan penuh masyarakat, diyakini bahwa persoalan yang kini juga dihadapi oleh setidaknya 215 negara di dunia tersebut dapat segera diatasi di Indonesia. 

Dalam rangka turut mendukung upaya pemerintah mengatasi pandemic Covid-19, Indonesia Care Forum akan kembali menggelar Webinar dalam bentuk Zoom Meeting, pada Senin 25 Januari 2021 mendatang. Kegiatan yang rencananya bakal berlangsung poukul 13.00 dengan menghadirkan narasumber Pengamat Kebijakan Publik, Bapak Saiful dan Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, Ibu dr. Siti Nadia Tirmidzi, M.Epid.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
%d bloggers like this: